Gempa Lombok 2018

Posted in: Gempa Lombok 2018
Tags:

Indonesia berduka atas gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Banyak korban jiwa maupun korban luka berjatuhan. Dari rumah warga sampai bangunan sekolah, banyak yang hancur dan rusak. Tidak hanya kerugian material, trauma paska gempa pun tentunya tidak begitu saja mudah mereka lupakan. Sampai saat ini masyarakat Lombok masih banyak yang berada di pengungsian karena tidak berani masuk rumah atau bahkan tidak lagi memiliki tempat tinggal.

Gempa Lombok

Gempa Lombok

Gempa Lombok

Gempa Lombok

10 TBAL dan satu Taman Baca Masyarakat Lebah berada di Lombok. Sebagian besar berada di lokasi terjadinya gempa seperti di Desa Sembalun, Rinjani dan Lombok Timur. Para guru dan murid PAUD/Sekolah yang bermitra dengan TBAL mengungsi bersama warga sekitar di tenda-tenda sederhana yang dibuat untuk tempat tinggal mereka sementara.

Gempa Lombok

Gempa Lombok

Gempa Lombok

Gempa Lombok

Tenda-tenda pengungsian banyak dibangun di area persawahan dan lapangan terbuka. Tidak semua tenda tertutup sepenuhnya dan bila malam/hujan tiba, udara menjadi sangat dingin. Tidur beralaskan seadanya, jumlah pengungsi dalam satu tenda yang terlalu padat karena kurangnya tenda/terpal, pakaian seadanya, kebutuhan pangan sehari-hari sampai pada kebutuhan untuk sekolah darurat bagi anak-anak, sehingga sampai saat ini mereka masih membutuhkan bantuan logistik untuk bertahan hidup di pengungsian seperti:
1. Selimut
2. Alas tidur/tikar
3. Pakaian Hangat
4. Tenda/terpal
5. Perlengkapan bayi (baju, celana, pampers, dll)
6. Perlengkapan mandi
7. Perlengkapan penunjang sekolah darurat seperti pensil warna/crayon, buku gambar, mainan edukasi anak, dll.

Bagi teman-teman yang ingin membantu mereka bisa menyalurkan bantuannya melalui:

DONASI DANA
Yayasan Literasi Anak Lebah Indonesia
Bank Mandiri
Account No. 1640012200988
Swift Code: BMRIIDJA

DONASI LOGISTIK
DROP BOX TBAL (khusus untuk donasi gempa Lombok):
ASTORI COFFEE
Jl. Pangeran Antasari No. 10A, Cipete Utara, Kebayoran Baru
(di dalam area SPBU Pertamina)

TBAL melakukan pengiriman donasi logistik dalam beberapa tahap. Tahap pertama telah dilakukan pengiriman donasi pada 20 Agustus 2018 dan pengiriman tahap kedua telah dilakukan pada 31 Agustus 2018.
Saat ini TBAL membuka donasi tahap ketiga dan pengumpulan donasinya ditunggu sampai 9 September 2018. Yuk bersama kita bantu #LombokBangkit!

SIGN IN
Ketik username dan password anda